Laskar Sakera Persekabpas

The Lassak

Indonesia Damai

Posted by fisha17 pada Desember 5, 2008

Maraknya kerusuhan dan tindakan kekerasan yang diakibatkan kurang profesionalnya kinerja wasit dan asisten wasit di sepakbola Indonesia akan menjadi salah satu topik bahasan utama pada acara Indonesia Damai 2, 6 Desember 2008 di Stadion Gajayana Malang. Dalam acara silaturahmi seluruh kelompok suporter sepakbola nasional tersebut, akan hadir lebih dari 60 kelompok suporter sepakbola dari seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari tim-tim di Superliga, Divisi Utama, hingga Divisi Satu dan Dua nasional.

Acara silaturahmi suporter sepakbola nasional Indonesia Damai 2 ini merupakan lanjutan dari acara serupa yang digelar tahun sebelumnya yaitu pada 17 Oktober 2006, dimana waktu itu yang hadir adalah suporter se Jawa-Bali. Menurut panitia Indonesia Damai 2, Ade Herawanto, acara ini akan dihadiri oleh Menegpora Adhyaksa Daulat, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, dan staf Mendagri. Turut diundang pula perwakilan dari PSSI dan BWSI.

Syal dan bendera Indonesia Damai
Syal dan bendera Indonesia Damai

Slogan anti anarkis, anti narkoba, dan anti kekerasan akan diusung seluruh suporter pada Indonesia Damai 2. Nantinya juga akan diadakan dialog antar suporter yang membicarakan masalah sportivitas dalam olahraga khususnya sepakbola. Menurut Ade, sejak acara Indonesia Damai tahun lalu, gesekan antar suporter sudah mulai berkurang, justru sekarang “medan perang”nya berpindah antara suporter dengan aparat pertandingan (wasit). Itulah sebabnya nantinya turut diundang pula PSS dan BWSI.

Menegpora dan staf ahli Mendagri nantinya akan membicarakan masalah pendanaan klub-klub APBD menyusul keluarnya Permendagri yang melarang klub-klub menggunakan dana APBD. Sementara pada kesempatan yang sama Kapolri akan mengkampanyekan gerakan anti narkoba dan anti kekerasan. Serangkaian kegiatan lainnya adalah festival band suporter, bazar, dan pertandingan sepakbola antar suporter.

Indonesia Damai 2 telah mengundang perwakilan lebih dari 75 kelompok suporter se Indonesia, tidak terkecuali kelompok suporter yang selama ini terdapat gesekan dengan Aremania selaku tuan rumah, yaitu Bonek (Persebaya Surabaya), Sakeramania (Persekabpas Pasuruan) dan Persikmania (Persik Kediri). Ade Herawanto menegaskan, seluruh suporter diundang tanpa terkecuali, karena tujuan dari acara ini adalah membuka komunikasi dengan cara-cara persuasif dan diskusi menuju perdamaian. Nantinya panitia akan menyediakan sarana transportasi selama di Malang, penjemputan, dan tempat istirahat.

Screenshot weblog Indonesia Damai
Screenshot weblog Indonesia Damai
Sumber: ongisnade.net

Info lebih lengkap klik di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: